Posted in Did You Know, Tips Trik

5 Ciri-ciri Infeksi Malware

AWAS MALWARE ANDROID!
Kenali Cirinya dan Cegah Serangannya

Untuk mengetahui apakah perangkat terinfeksi oleh malware, tentunya Kamu harus mengenalinya terlebih dahulu. Jika ternyata benar, maka langkah pencegahan memang sudah dapat dikatakan terlambat dan kamu harus melanjutkan ke langkah pembasmian. Berikut ini BTNT akan memberikan info tentang ciri-ciri perangkat yang terinfeksi malware.

  1. Baterai cepat habis.
    Jika dalam sehari kamu melakukan charge baterai lebih dari biasanya, maka patut dicurigai hal tersebut dikarenakan malware yang menginfeksi. Baterai cepat habis dikarenakan sistem bekerja lebih berat daripada yang biasanya, bahkan bila kamu lihat di Task Manager, persentase penggunaan CPU pada angka 100% terus menerus.
  2. Kuota internet/pulsa cepat habis.
    Beberapa malware yang ada biasanya berusaha mengirimkan data ke server tanpa kamu ketahui. Jika kamu curiga penggunaan bandwith internet lebih besar dari biasanya, maka kemungkinan hal tersebut adalah aktivitas malware yang bekerja di background sistem.
  3. Pengaturan setting yang berubah secar otomatis.
    Misal, ketika kamu mematikan koneksi seperti 3G, WiFi, atau GPS, waspadalah ketika beberapa koneksi tersebut aktif secara otomatis tanpa kamu ketahui.
  4. Sistem tidak stabil.
    Bila diketahui dari ciri-ciri seperti kinerja yang terasa berat, freeze, sering restart dan sebagainya. Memang ciri ini juga dialami ketika kamu menginstalcustom ROM yang masih memiliki banyak bug. Tetapi infeksi malware juga memiliki ciri yang sama.
  5. Terdapat aplikasi yang “asing”.
    Beberapa malware terkadang menginstal aplikasi secara otomatis ke dalam sistem. Tetapi yang mudah dicermati, malware tersebut biasanya menginstal aplikasi jenis antivirus/malware.

Semoga ciri-ciri di atas dapat membantu kalian mengenal infeksi malware😉

Author:

Sederhana seperti yang Anda pikirkan

Jangan Lupa Berkomentar :-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s