Posted in Bookmark, Did You Know, Sekolah, Tips Trik, Tutorial

Cara Install dan Setting Web Server di Ubuntu

Instal Aplikasinya dulu gan….😀

  • Install apache

ketik : sudo apt-get install apache2
 
udah gan ? kalo iya coba jalankan aplikasinya dengan cara : buka browsernya agan (bisa firefox ato chrome dll) lalu panggil bi onah aplikasinya dengan ketikan http://localhost/ di address bar.
kalo berhasil muncul gini gan :

It works!
This is the default web page for this server.
The web server software is running but no content has been added, yet.

Perintah – perintah lainnya untuk webserver:

sudo /etc/init.d/apache2 start        untuk menjalankan apache /webserver

sudo /etc/init.d/apache2 stop         untuk menghentikan apache /webserver

sudo /etc/init.d/apache2 restart   untuk menjalankan ulang apache /webserver

  • Install Mysql-server

 sudo apt-get install mysql-server>> agan akan diminta untuk memasukan password kan? masukan terserah agan sudah
contoh :

user             : Kelompok 10
password : 10

  • Install phpmyadmin

Aplikasi yang satu ini yang bisa kita gunakan untuk buat database mysql gan (membuat, mengedit, menghapus, menambah dan lain- lain). Cara instalnya, ketik sudo apt-get install phpmyadmin lalu sudo cp /etc/phpmyadmin/apache.conf /etc/apache2/conf.d kemudian sudo /etc/init.d/apache2 restart

coba panggil lagi gan aplikasinya, caranya sama manggil apache tapi tambahin phpmyadmincontoh  :

http://localhost/phpmyadmin

  • Install PHP 

cara dapetinnya : ketik sudo apt-get install php5 libapache2-mod-php5 lalu sudo /etc /init.d/apache2 restart untuk merestart.

Untuk mencoba anda bisa membuat skrip php pada diretory /var/www/  untuk contoh anda  bisa membuat phpinfo.php

sudo gedit /var/www/phpinfo.php

<?php

phpinfo();

?>

Setelah anda simpan, coba jalanlan dengan web broser dengan alamat :

http://localhost/phpinfo.php

sudah selesai semua,mudahkan SEMOGA BERMANFAAT🙂

Author:

Sederhana seperti yang Anda pikirkan

Jangan Lupa Berkomentar :-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s