Posted in Desain, Did You Know, Download, Tips Trik, Tutorial

Tutorial Teks Efek Letterpress dengan Mudah

Jumpa lagi nih…

Udah lama juga ya ane nggak buat tutorial lagi😀 tapi buat kamu – kamu semuanya BTNT sajikan lagi tutorial tutorial yang fresh buat kamu semua … :D  #cieee

Kali ini kita akan buat teks efek letterpress. Lalu apa sih letterpress itu ?

Letterpress adalah salah satu efek paling populer yang sering digunakan di web – web bergaya modern. Efek ini terinspirasi dari teknik cetak yang bernama sama, yaitu Letterpress. Efek ini merupakan kebalikan dari emboss, kalau emboss itu huruf menjadi timbul, sebaliknya efek Letterpress akan memberikan efek seperti ‘masuk’ ke dalam, ya sesuai namanya seperti di “press”.Ok, langsung saja, bagi yang belum pernah mencoba, pasti ketagihan akan efek ini😀

Langkah 1

Buat dokumen baru dengan ukuran 800×600 pix.

Langkah 2

Beri warna biru atau terserah kamu pada background dengan menggunakan Paint Bucket Tool (G). Setelah itu berikan efek cahaya dengan menggunakan Filter > Render > Lightning Effects , dan atur setting Lightning Effects nya sesuai yang kamu mau. Untuk kali ini, saya membuat seolah-olah ada cahaya dari atas.

Langkah 3

Ketiklah kata/text yang kamu inginkan, yang perlu di perhatikan adalah efek Letterpress ini akan terlihat bagus bila hurufnya tebal dan besar, namun tidak menutup kemungkinan huruf yang tipis juga akan menghasilkan efek yang bagus pula.

Langkah 4

This is the keys, kita akan memberikan efek Letterpress pada text yang sudah kita ketik. Untuk menghasilkan efek ini, di perlukan 3 jenis layer Style, yaitu, Drop Shadow, Inner Shadow, dan Gradient Overlay. Dobel klik layer text kamu dan mulailah memberikan Layer Style dengan setting seperti 3 gambar berikut.

Setelah semua Layer Style kamu berikan, maka kamu akan mendapatkan hasil akhir text kamu seperti berikut ini.

Kita sudah selesai! Mudah bukan?😀 kamu bisa mencobanya dengan elemen selain huruf, tentu di sesuaikan dengan kebutuhan desain kamu sendiri. Selain untuk desain website, kita juga bisa menggunakan teknik ini misalnya pada desain kartunama, dan kebutuhan desain cetak yang lain nya.

Selamat Mencoba…🙂

oh ya download juga dokumennya yah

kalo ada saran tolong isi kotak komentar di bawah ini🙂

Author:

Sederhana seperti yang Anda pikirkan

Jangan Lupa Berkomentar :-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s