Posted in Bookmark, Tips Trik

[TnT] Mengenali Modus Penipuan dalam Angkutan Umum

Ini tips dan trik ane persembahin buat kalian para bismania😀. Ini kejadian ane alami sendiri kemarin gan tapi ane tidak berperan sebagai korban lo ya. Kata kuncinya seperti ini, Setelah Ngamen, Operan, Tas, Sumatera, Jam Tangan, 22 karat. Masih bingung? Jadi kejadiannya seperti ini: seminggu yang lalu sekitar pukul 22.00 WIB ane pulang dari Malang menuju Banyuwangi menggunakan bis jurusan Bali (Denpasar). Nah, sewaktu nyampe di Terminal Tawang Alun Jember, sesudah pengamen konser ada seseorang separuh baya gitu naik dan bernyanyi bertanya siapa operan dari bis ***** lalu ada seorang pemuda tunjuk tangan. Si paruh baya langsung “kamu ya yang tasnya tertinggal di bis *****”. Pertanyaannya : dari siapa coba kalo tas si pemuda ini tertinggal di suatu bis kalor si pemuda baru naik bis bareng kita. itupun salah jurusan pula, masak mau ke Sumatera naik jurusan Banyuwangi? Lalu si pemuda bilang kalo ia mau ke daerah Sumatera tapi tasnya hilang beserta uang sakunya sekitar 3 jutaan yang ia tempatin di tasnya itu dan harta satu – satunya tinggal jam ‘emas’nya saja. Lalu si paruh baya pura – pura melihat dan menawar jam itu yang katanya 22 karat plus bersertifikat pula! Si paruh baya berusaha menawar dengan harga 600 ribuan tapi si pemuda menolak dan berkata itu harganya 3000 real dan bersertifikat. Ia baru mau melepas kalo si paruh baya atau siapapun berani membeli dengan harga 1.250.000. tapi karena mungkin berusaha menarik orang lain kadang si pemuda atau si paruh baya ini menwarkan pula jam tsb. dengan alasan kasihan pada si pemuda. Nah, disinilah fokusnya, mereka berusaha “menarik” agan – agan buat beli jam (palsu) tsb. jadi, ingat kata kunci di atas : Setelah Ngamen, Operan, Tas, Sumatera, Jam Tangan, 22 karat.

Selalu amankan barang – barang anda sendiri. Jika anda membawa tas, alahkah baiknya tas itu anda tempatkan di samping anda mepet tembok bis (kalo anda berada di pinggir) atau anda peluk. Jika barang bawaan anda berupa tas dengan ukuran yang besar, tempatkan di bawah bangku anda, tapi hal yang seperti ini bisa mengganggu penumpang lainnya jadi alahkah baiknya anda minta kondektur untuk menempatkan tas anda pada bagasi bis. Dijamin aman. Tapi ya jangan lupa kalo sudah nyampe tempat tujuan untuk menagambil kembali tas tersebut.

Selamat menunaikan bada puasa pula bagi umat muslim dan bagi yang menjalankan. Selamat bepergian semoga sampai tujuan dan berkumpul lagi bersama keluarga anda🙂

Author:

Sederhana seperti yang Anda pikirkan

Jangan Lupa Berkomentar :-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s