Posted in Bookmark, Did You Know, Inspirasi, Kabar-kabari, Kuliah, Sekolah, Tips Trik, Tutorial

Tutoral Teknik Buat Daftar Isi secara Otomatis di Microsoft Word

Pasti pernah ngerasain penatnya ngilatin nomor halaman yang harus ke atas – ke bawah untuk ngisinya kan? Belum lagi kalo ada kesalahan pada laporan kita, alhasil kita juga harus merubah halaman yang ada di daftar isi pula kan?. Nah buat agan – agan yang sedang merasakan sedihnya hal ini, ane punya teknik khusus untuk pengerjaan Ms. Word nih gan, buat aja daftar isi otomatis. Andai agan salah pengerjaan pada halaman tertentu dan menyebabkan bertambah / berkurangnya halaman, agan gak perlu ganti daftar isinya, cukup update aja bagan daftar isinya, mudah kan?🙂

Gini loh caranya…

Ganti dulu judul agan dengan style Heading 1. Itu loh yang ada di menu Home. Contohnya “Kata Pengantar” atau “Bab 1 Pendahuluan”. Tulisan kita akan berubah menjadi biru benar? Rubah warna tulisannya seperti ketentuan laporan agan, contohnya warna hitam. Lalu tulisan pasti berpindah dari semula di tengah menjadi ke pinggir, agan ganti lagi ke tengah ataupun tempat semula tulisan awal berada. Nah untuk yang punya spasi ke bawah seperti “Bab 1 Pendahuluan” itu agan ganti dulu style-nya ke Heading 1, lalu jadikan dulu satu baris lalu tekan shift+Enter agar atas bawah. Lakukan lagi pada judul – judul di halaman lain.

word1

Jika pada bab itu terdapat sub bab seperti latar belakang dan lain – lain, buat style-nyamenjadi Heading 2, begitupun jika pada sub bab itu memiliki sub lagi, ganti style sub sub babnya menjadi Heading 3, begitu seterusnya cukup judulnya saja, isinya biarkan style normal.

Agar mudah, pada sub bab dan anak – anaknya yang biasanya ada nomor 1.1; 1.2; 1.1.1 dll., lakukan Numbering.

Bila agan – agan sudah melakukan hal seperti di atas sampai selesai atau Bab Penutup, agan menuju ke menu>References>Table of Contents> Automatic Table 1.

word2

Jreng – jreng – jreng….. jadilah dafat isi yang udah didambakan. Jika terjadi kesalahan pada halaman tertentu pada halaman kita, tinggal update aja daftar isinya, mudahkan😀

Kata Content pada bagan daftar isi bisa diganti menjadi “Daftar Isi” lalu pindahkan posisinya ke tengah.

Bila agan udah ng-edit, misal tambah materi ataupun sub bab yang lain, agan tinggal klik aja update table > update entire table. Jika agan ngedit lalu menyebabkan perubahan halaman tanpa tambahan meteri, agan lakukan update table > update page number only.

word3

Sudah ?🙂 agak ribet sih.. dikit hehehe

Selamat mencoba !!!🙂

Author:

Sederhana seperti yang Anda pikirkan

Jangan Lupa Berkomentar :-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s