Posted in Bookmark, Inspirasi, Kabar-kabari

Sudah Luruskah Niat Anda?

Saudaraku, jangan rela amal-amal kita dihempas oleh niat yang salah. Sebab niat amal yang benar itu satu pokon syarat diterimanya amal. Oleh sebab itu setiap diri harus memperhatikan dan menjaga niat amalannya tetep lurus, yakni semata-mata karena Allah SWT.
Mari cermati dengan seksama hadist riwayat Muslim yang menceritakan tentang pentingnya beramal hanya karena Allah dan bahaya amal dengan niat selain karena-Nya. Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu berkata, “Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Orang pertama kali disidangkan pada hari kiamat ada seseorang yang dinilai mati syahid. Orang itu dihadirkan, kemudian kepadanya dibeberkan nikmat-nikmat Allah yang telah diberikan kepadanya, dan ia mengakui hal itu. Kemudian Allah SWT bertanya: “Apa yang telah engkau lakukan sebagai rasa syukur terhadap nikmat-nikmat itu?” Ia menjawab: “Aku berperang membela-Mu hingga aku mati syahid.” Allah berfirman:”Engkau dusta, karena engkau berperang hanya untuk dikatakan sebagai si pemberani, dan itu sudah dikatakan orang.” Maka diputuskan ia diseret dengan muka menghadap tanah hingga ia dilemparkan ke neraka.”
Kemudian seseorang yang telah mempelajari al Qur’an, mengajarkan dan membaca al Quran. Orang itu dihadirkan, kemudian dibeberkan kepadanya, dan ia mengakuinya. Allah bertanya: “Apa yang engkau lakukan sebagai rasa syukur terhadap nikmat-nikmat itu?” Ia menjawab: “Aku mempelajari al Quran, mengajarkannya pada manusia, dan aku membaca al Quran demi-Mu.” Allah berfirman: “Engkau dusta, engkau mempelajari al Quran agar dikatakan orang sebagai orang alim, dan engkau membaca al Quran agar manusia mengatakan: “Dia seorang Qari.” Dan itu sudah dikatakan orang.” Maka diputuskan ia diseret dengan muka menghadap tanah, hingga ia dilemparkan ke neraka.

Saudaraku, mari kita lanjutkan membaca hadist ini. “Selanjutnya seseorang diberikan oleh Allah SWT keleluasan harta, dan kepadanya diberikan seluruh macam kekayaan. Orang itu dihadirkan, kemudian kepadanya dibeberkan nikmat-nikmat Allah yang telah diberikan kepadanya, dan ia mengakui hal itu. Allah SWT bertanya: “Apa yang telah engkau lakukan sebagai rasa syukur terhadap nikmat-nikmat itu?” Ia menjawab: “setiap aku mendapati jalan dan usaha kebaikan yang Engkau senangi agar aku nafkahkan hartaku untuknya, aku segera menginfakkan hartaku demi-Mu.” Allah berfirman: “Engkau dusta, engkau melakukan hal itu semua agar dikatakan sebagai seorang dermawan, dan itu telah dikatakan orang.” Maka diputuskan ia diseret dengan muka menghadap tanah hingga ia dilemparkan ke neraka.” (HR. Muslim)

Saudaraku, tarik nafas dalam-dalam sekarang. Mari luruskan niat amal-amal kita hanya karena Allah. Dan sungguh celakalah kita jika beramal diringi mengharap pujian manusia. Wallahu a’lam.

Author:

Sederhana seperti yang Anda pikirkan

One thought on “Sudah Luruskah Niat Anda?

  1. TAKHRIJ HADITS 
    Hadits ini diriwayatkan oleh :
    1. Muslim, Kitabul Imarah, bab Man Qaatala lir Riya’ was Sum’ah Istahaqqannar (VI/47) atau (III/1513-1514 no. 1905).
    2. An Nasa-i, Kitabul Jihad bab Man Qaatala liyuqala : Fulan Jari’, Sunan Nasa-i (VI/23-24), Ahmad dalam Musnad-nya (II/322) dan Baihaqi (IX/168).

    Hadits ini dishahihkan oleh al Hakim dan disetujui oleh adz Dzahabi (I/418-419), Syaikh Ahmad Muhammad Syakir dalam tahqiq Musnad Imam Ahmad, no. 8260 dan Syaikh Muhammad Nashiruddin al Albani dalam Shahih at Targhib wat Tarhib (I/114 no. 22) serta dalam Shahih An Nasa-i (II/658 no. 2940).

Jangan Lupa Berkomentar :-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s